BERAS KENCUR

Beras kencur merupakan minuman penyegar khas dari Jogja. Minuman ini juga digolongkan sebagai jamu karena memiliki khasiat meningkatkan nafsu makan. Beras kencur sangat populer karena memiliki rasa yang manis dan segar.

Bahan utama beras kencur, tentu saja, adalah beras (yang dihaluskan) dan rimpang kencur. Kombinasi beras dan kencur banyak mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung memberikan rasa lapar selain itu jamu beras kencur jika diminum secara rutin setiap hari bisa membantu menebalkan dinding perut untuk menyembuhkan penyakit maag (untuk penyembuhan maag ini tidak boleh dicampur dengan rimpang jahe dan untuk asam kawak sedikit). Rasa manis berasal dari gula merah (gula kelapa atau gula aren) yang asli.

 

KUNIR ASEM

Jamu Kunir asam diartikan sebagai jamu untuk menyegarkan tubuh atau dapat membuat tubuh menjadi dingin. Ada pula yang mengatakan bermanfaat untuk menghindarkan dari panas dalam atau sariawan, serta membuat perut menjadi dingin.

Seperti namanya jamu kunir asam memang dibuat menggunakan dua jenis tanaman herbal yaitu kunir atau kunyit dan asam jawa. Manfaat dari kunir asem ini sangat baik untuk kesehatan dan bisa anda dapatkan dengan cara meminumnya. Rasa dari jamu kunir asem ini unik dan khas serta enak jadi bagi anda yang tidak suka dengan jamu pasti akan suka dengan rasa jamu kunir asem ini.

 

GULA ASEM

Manfaat air asam jawa dan gula merah yang pertama ini sebagai penyembuh jenis penyakit yang menyerang usus. Dengan bantuan asam jawa dan campuran gula merah, menjadi ramuan herbal untuk penyakit terkait usus akan dapat disembuhkan, rasanya unik karena asam, segar dan manis.

 

WEDANG UWUH

Wedang uwuh adalah minuman dengan bahan-bahan yang berupa dedaunan mirip dengan daun kering. Dalam bahasa Jawa, wedang berarti minuman, sedangkan uwuh berarti sampah. Wedang uwuh disajikan panas atau hangat memiliki rasa manis dan pedas dengan warna merah cerah dan aroma harum. Rasa pedas karena bahan jahe, sedangkan warna merah karena adanya secang. Wedang uwuh ini adalah minuman khas dari Yogyakarta.